WeLcome to my bLog..

Hatur nuhun
tos sumping ka webna
ALexcha_zon3

Entri ALexcha_zon3 terPopuler

Kamis, 23 Desember 2010

Menunda Membeli Rumah Bukan Pilihan yang Tepat

Merujuk pada pengalaman pribadi, ternyata menunda membeli rumah terkadang bukan menjadi pilihan yang tepat. Sebagai contoh saat krisis global kemarin, dalam waktu 3 bulan sebuah perumahan skala menengah naik harganya hingga 50 juta rupiah, sedangkan perumahan skala middle low naik hingga 20 juta rupiah. Sering orang menunda membeli rumah dengan alasan mengumpulkan uang terlebih dahulu tapi tetap saja rumah tidak terbeli setelah sekian lama karena harga rumah yang terus melambung sedangkan kenaikan gaji tidak signifikan seperti grafik di bawah ini:



Atau ada yang terlalu memilih-milih rumah berkepanjangan. Sebagai contoh budget membeli rumah yang ada saat ini adalah 300 juta, lalu karena bingung dan terlalu memilih-milih rumah akhirnya baru membeli setahun kemudian dengan pertambahan budget 50 juta. Pada saat awal seharusnya dengan 300 juta sudah bisa membeli rumah di perumahan skala menengah, tapi karena terlalu lama memilih pada tahun berikutnya budget 350 juta hanya akan mampu membeli rumah di perumahan middle low karena harga rumah yang jauh melambung dibanding pertambahan pendapatan.

Memilih lokasi rumah yang nyaman memang sangat diperlukan, tapi harus tetap realistis dengan kondisi budget dan pasar properti. Kadang kita membeli rumah yang tidak sesuai dengan keinginan kita (mungkin kurang besar dan kondisinya masih sepi), tapi jika telah menjadi rumah sendiri, maka tetap saja rumah kita akan menjadi "home sweet home".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar